ARTIKEL

Artikel

BELAJAR MENJADI SPIDERMAN

Spiderman apakah ada? Ternyata ada teman! Walau tidak bisa mengeluarkan cairan laba-laba tetapi kemampuan memanjatnya tidak kalah dibandingkan spiderman yang ada di film. Bahkan spiderman nyata ini barusan saja memanjat sebuah gedung tinggi di Indonesia.

Sebenarnya saya tidak membaca berita dan kisah spiderman hidup ini secara langsung tetapi ada teman yang menceritakan kisah menakjubkan petualangan spiderman nyata yang bernama Alain Robert. Sejak kecil Alain telah bercita-cita sebagai pemanjat dan mulai umur 12 tahun dia memanjat gedung 8 lantai dan walau orang tuanya menentang, dia memiliki kemauan keras sehingga orang tuanya menyerah. Dia memiliki motivasi untuk mengukur resiko dan mengatasi ketakutan dalam usahanya mencapai prestasi sebagai pemanjat solo terbaik. Perlu diketahui bahwa arti pemanjat solo ini bukan pemanjat seorang diri, tetapi pemanjat yang tidak menggunakan alat bantu sama sekali seperti tali.

Sebagai seorang pemanjat dia telah mengalami 2 kecelakaan serius, yang terutama adalah jatuh dari ketinggian 15 meter di mana kepalanyalah yang jatuh terlebih dahulu sehingga dia mengalami koma selama 5 hari dan banyak tulangnya patah. Efek samping dari kecelakaan ini adalah vertigo. Tetapi setahun kemudian, Alain kembali memanjat tebing dan bahkan pulih sehingga dia menjadi lebih kuat dari sebelumnya.
Akhirnya pada tahun 1994, Alain mulai memanjat gedung pencakar langit pertamanya di Chicago sehingga dia sejak saat itu mulai dikenal sebagai seorang spiderman. Pada tahun 1997 dia memanjat gedung tertinggi di Kuala Lumpur. Selama petualangannya memanjat gedung tinggi dia sering dipenjara karena sebagian besar dilakukan tanpa izin. Dan selama 8 tahun dia berhasil mendaki lebih dari 70 gedung pencakar langit dan monumen penting di dunia.
Kutipan dari situs Alain Robert: "Sekarang, sebagai pemanjat solo dan sebagai pembicara yang tangguh, ini adalah pesan yang ingin saya sampaikan. Kita membatasi batas dari diri kita, tetapi kita sebenarnya cukup kuat untuk mencapai hal yang lebih tinggi lagi, untuk mencapai tujuan kita.Yang perlu kita lakukan adalah menemukan kekuatan tersebut dalam diri kita. Ketahui bagaimana cara mengembangkannya. Selamat datang di situs saya, biar saya membagikan cinta petualangan saya kepada anda! Saya berpikir bahwa memang kadang iman dapat memindahkan gunung-gunung..."
Dalam perjuangan Alain sebagai seorang spiderman, dia telah mengalami banyak kecelakaan yang bahkan telah diputuskan oleh organisasi kesehatan nasional Perancis bahwa tubuhnya 60% tidak berfungsi normal tetapi dia akhirnya berhasil menorehkan prestasi sebagai pemanjat solo terbaik di dunia. Alain Robert berhasil mengatasi gedung pencakar langit bukan tanpa sakit atau kecelakaan, tetapi dia mengatasi dengan iman, kemauan dan perjuangan tanpa henti, demikian pula anda pasti bisa mengatasi masalah yang seperti "gedung pencakar langit" yang mustahil untuk dipanjat tanpa alat bantu.Alain sudah berhasil menaklukan banyak gedung pencakar langit, bukan hanya satu, demikian pula anda pasti bisa mengatasi banyak problem yang sepertinya mustahil untuk diatasi. Percayalah, milikilah iman pada Tuhan yang merupakan kekuatan terbesar dan penakluk segala kemustahilan yang ada dalam diri anda. Melalui Roh Kudusnya dalam diri anda, anda memiliki kemampuan terbesar yang ada di dunia yang mampu memindahkan gunung.
Selain percaya, milikilah cita-cita dan tujuan hidup! Karena ini adalah sumber motivasi yang mendorong anda mencapai garis akhir, tanpa tujuan dan cita-cita
anda tidak akan memiliki arah dalam kehidupan ini. Apabila belum memilikinya, carilah dan doakan supaya Tuhan memberikan suatu tujuan dan cita-cita yang
sesuai dengan kehendak-Nya dalam hidup anda.Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu. (Matius 17: 20)

ASPAL SURGA

Suatu hari seorang penambang menemukan emas dalam yang sangat banyak. Tanpa berpikir lama, emas-emas batangan tersebut dimasukan dalam sebuah tas. Setiap hari kemanapun dia pergi, tas tersebut selalu ditentengnya hingga dia meninggal dan sudah masuk ke surga. Saat penambang itu tiba di tempat barunya itu, seorang malaikat bertanya mengapa ia membawa aspal. "Ini bukan aspal," jelasnya, "Ini emas." Sang Malaikat menanggapi perkataan manusia itu dengan berkata, "Di bumi, benda itu memang disebut emas, tetapi di sini, di surga, kami memakainya untuk mengeraskan jalan-jalan."

Kisah di atas memang hanya sebuah lelucon. Namun, cerita ini mengajak kita berpikir tentang apa yang kita anggap berharga, dan apa yang benar-benar berharga bagi Allah. Benda apa yang anda anggap berharga di bumi ini? Saham, rekening bank, kekaguman dan kemasyuran diri sendiri; itu semua tidak dinilai tinggi di surga. Bila tiba waktunya untuk mengucapkan selamat tinggal di bumi, nilai apakah yang masih tertinggal pada barang-barang tersebut? Ingat, kekayaan sejati hanya ada di surga. Harta benda duniawi yang anda miliki saat ini sifatnya hanyalah sementara. Mereka yang menyimpan harta di surga adalah orang-orang terkaya di bumi.