KOTBAH

Ringkasan Khotbah

P A S S I O N
(Roma 12: 11)

Passion adalah keinginan atau gairah yang sangat kuat terhadap seseorang atau sesuatu. Dalam hidup ini, termasuk dalam pelayanan perlu yang namanya passion atau semangat yang menyala-nyala. Passion adalah energi yang luar biasa yang membuat seseorang berhasil secara maksimal. Banyak orang gagal bukan karena kurang pandai tetapi karena tidak punya passion. Empat (4) hal yang dapat membuat seseorang memiliki passion dalam hidupnya, yaitu:

1. Yakinlah bahwa yang terbaik dari Tuhan ada di depan (Ams. 4: 18). Banyak orang menjadi tua dan berkata, ”Saya cuma menjalani sisa hidup saya!” Apa artinya sisa? Sisa sama dengan ampas. Firman Tuhan berkata kita akan naik dan bukan turun, kita akan menjadi kepala dan bukan ekor. Filosofi yang mengatakan, ”Hidup ini seperti roda, kadang naik di atas – kadang turun di bawah” adalah Filosofi yang tidak berdasarkan Firman Tuhan. Filosofi yang keliru. Ada perkara-perkara yang baik di depan. Itu sebabnya hidup ini menggairahkan.
2. Menjalani panggilan Allah dalam hidup kita (Mzm. 139: 16). Dalam hidup ini ada yang namanya panggilan atau desteny. Untuk bisa bertahan dalam pelayanan, perlu panggilan (desteny). Allah tidak memasukkan kitake dalam dunia ini tanpa tujuan. Banyak orang menjalani hidup ini karena terpaksa. Mengapa? Karena ia tidak tahu panggilannya. Orang kalau ingin maksimal dalam hidupnya harus menyukai apa yang dikerjakan.

3. Jalani hidup dengan sepenuh hati (Mzm. 90: 12). Hargailah waktu dan maksimalkan setiap detik dalam hidupmu. Tingkatkan kwalitas setiap detik dalam hidupmu. Rata-rata hidup manusia 70 tahun s/d 80 tahun betapa bodohnya kita kalau melewatkan hari-hari kita dengan tidak menyukai apa yang kita jalani, padahal hari-hari itu termasuk paket hidup yang harus kita jalani.

4. Bergaullah dengan orang yang memiliki passion (Ams. 13: 20). Firman Tuhan mengajarkan bahwa kita harus memilih dengan siapa kita harus bergaul. Pergaulan kita menentukan akan apa yang dapat kita capai dalam hidup ini.

Kalau kita memiliki passion dalam kehidupan kita, maka hidup kita akan berhasil. Amin

Gembala Sidang