KOTBAH

Ringkasan Khotbah

Hidup yang Diberkati
(Keluaran 23: 20-25)

Setiap orang berharap dapat menjalani hidup ini di dalam berkat Tuhan. Kekayaan, kedudukan atau pun berbagai macam barang yang mahal bukan jaminan seseorang memiliki hidup yang diberkati. Ada 5 tanda seseorang memiliki hidup yang diberkati, yaitu:
1. Hidup yang disertai Tuhan (ay. 20a). Tanpa penyertaan Tuhan, harta kekayaan tidak akan membuat seseorang bahagia dan menikmati hidupnya. Penyertaan Tuhan itu penting. Karena dengan penyertaan Tuhan seseorang dapat melalui hari-harinya apa pun keadaan yang dihadapinya.

2. Hidup yang dibebaskan dari musuh (ay. 22). Definisi musuh adalah orang-orang yang merancangkan yang jahat buat kita dan orang-orang yang mengutuk kita (Ams. 26:2).

3. Berkat akan makanan dan minuman (ay. 25a). Tuhan tidak hanya memberkati usaha kita tetapi juga akan memberkati hasil usaha kita (Ul. 28: 3,8,12). Kita perlu meminta Tuhan memberkati hasil usaha kita agar apa yang kita peroleh dapat mencukupi semua keperluan kita. Bahkan ada sisanya.

4. Bebas dari penyakit (ay. 25b ; 1 Ptr. 2: 22). Seseorang dapat bebas dari penyakit karena adanya janji Tuhan bahwa oleh bilur-bilur-Nya kita disembuhkan. Tetapi kita dapat sakit disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:
•Karena serangan setan atau kuasa kegelapan.
•Karena dosa. Contoh: HIV.
•Karena kutuk. Contoh: sakit turunan.
•Karena kesalahan kita sendiri. Contoh: Kolesterol, Diabetes.
•Karena virus.
•Karena Allah ingin menyatakan kemuliaan-Nya.

5. Memiliki tujuan hidup yang pasti (ay. 20b).
Tuhan menciptakan setiap orang dengan tujuan hidup yang pasti. Seseorang dapat dikatakan hidupnya diberkati apabila dia memiliki tujuan hidup tersebut.

Kita dapat mengatakan bahwa hidup kita diberkati apabila kelima tanda ini telah nyata di dalam kehidupan kita. Amin
Pdt. Djajadi Sutanto - Minggu, 11 Okt ‘09