KOTBAH

Ringkasan Khotbah
MELIHAT KEMULIAAN TUHAN
(Yesaya 6: 1-8)
Yesaya adalah nabi Tuhan yang memiliki perkataan nubuatan (Yes. 5: 18, 20, 21). Pada saat raja Uzia mati, Yesaya melihat Tuhan (Yes. 6: 1). Apa artinya? Pada masa itu seorang raja adalah sumber pengharapan suatu bangsa. Secara otomatis kehidupan masyarakat bergantung sepenuhnya kepada raja tersebut. Seringkali secara tak sadar raja Uzia juga ada dalam kehidupan kita dan bertahta di hati kita. Saat hati kita masih dipenuhi raja Uzia, maka kita tidak akan dapat melihat kemuliaan Allah.
Kita dapat mengetahui apakah masih ada raja Uzia di hati kita dengan melihat dari apa yang selalu kita doakan setiap saat. Apabila di dalam doa kita hanya berisi permintaan kita saja, maka dapat dipastikan masih ada raja Uzia yang bertahta di hati kita. Tanda yang lain ialah pada saat kita mengalami kerugian atau masalah, kita minta bantuan untuk didoakan. Tetapi pada saat kita diberkati, kita sulit untuk memberi. Banyak orang yang mencari urapan dan kuasa Tuhan, tetapi mereka melupakan untuk mencari kemuliaan Tuhan. Saat kita dibabtis seharusnya raja Uzia yang ada dalam hati kita mati. Kematian raja Uzia yang ada di hati kita akan membuat kita dapat melihat kemuliaan Tuhan. Pada saat kita melihat kemuliaan Tuhan, maka segala sesuatu yang ada di dalam hidup kita akan Tuhan tunjukkan dan semua yang tersembunyi akan dinyatakan. Perubahan dalam kehidupan kita dapat terjadi karena Roh Kudus. Kita tidak dapat mengubahkan diri kita sendiri, tetapi Roh Kudus dapat mengubah hidup kita. Pada saat kemuliaan Tuhan dinyatakan, kita akan merendahkan diri dan memperoleh pembaharuan (ay. 6-7).
Pembaharuan yang terjadi di dalam hidup kita menjadikan kita dapat mendengar panggilan Tuhan atas hidup kita (ay. 8). Dan seperti Yesaya menjawab panggilan Tuhan, maka kita pun dapat melakukan hal yang sama. Kita dapat mengatakan ”ini aku, utuslah Tuhan” apabila hidup kita telah disucikan. Tuhan sedang mencari orang-orang yang mau pergi untuk menjadi terang dan berkat bagi semua orang yang belum mengenal keselamatan. Bagaimana dengan anda? Sudahkah anda meresponi panggilan Tuhan atas hidup anda? Amin
By. Rev. Chrispus Jayaratnam
Dengan kasih setia-Nya
Tuhan menuntun umat-Nya yang telah ditebus