KOTBAH

Ringkasan Khotbah

Janji Berkat Abraham
(Galatia 3: 14)

Secara fisik kita bukan keturunan dari Abraham. Tetapi oleh kematian Yesus Kristus di kayu salib, semua orang percaya memperoleh bagian dari janji berkat yang diberikan Allah kepada Abraham. Dalam Kejadian 12: 2-3 disebutkan ada 4 janji berkat yang akan diterima Abraham, yaitu:
1. Tuhan berjanji membuat Abraham menjadi bangsa yang besar.
2. Tuhan berjanji akan memberkati Abraham.
3. Tuhan berjani akan membuat nama Abraham masyur.
4. Tuhan berjanji akan menjadikan Abraham berkat.

Pada saat Abraham keluar dari tanah kelahirannya, Abraham hanya membawa harta benda yang sedikit (Kej. 12: 5). Tuhan memberkati Abraham sesuai dengan janji-Nya (Kej. 13: 2). Ada 3 kunci yang membuat janji Tuhan atas Abraham tergenapi, yaitu:
• Ketaatan atau obey. Ketaatan akan mendatangkan berkat. Janji Tuhan pasti akan tergenapi dalam kehidupan kita apabila kita mau taat melakukan kehendak Tuhan.
• Menjadi seorang yang visioner (Kej. 13: 14-15). Seorang yang visioner tidak akan berdiam di zona nyaman. Seorang visioner mau membuka cakrawala pandangannya dan memandang sesuai dengan pandangan Allah. Seorang visioner akan dapat melihat adanya peluang-peluang keberhasilan di tengah-tengah kesempitan atau tantangan yang dihadapinya.
• Mau menjalani (Kej. 13: 17). Kerjakan apa yang menjadi bagian kita dan serahkan apa yang menjadi bagian Tuhan, maka janji berkat yang Tuhan berikan atas Abraham akan tergenapi pula dalam kehidupan kita.

Kita dapat menikmati janji berkat yang Tuhan berikan kepada Abraham dan keturunannya apabila kita melakukan seperti apa yang Abraham telah lakukan. Kunci janji berkat tersebut, adalah ketaatan, memiliki padangan yang luas (menjadi seorang yang visioner) dan mau menjalani sesuai dengan perintah Tuhan. Amin
By: Pdt. Moyliana - Minggu, 30 Agust 2009